EFEK PRAKERIN TERHADAP KONSEP DIRI SISWA SEBAGAI CALON TENAGA KERJA
oleh : Drs. Kholil GA
Praktek Kerja Industri (Prakerin) merupakan salah satu aspek dari keseluruhan Pendidikan Kejuruan, dipandang sebagai salah satu pengalaman penting bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Hal ini dikarenakan Praktek Kera Industri merupakan cara untuk membawa siswa kepada situasi kerja yang sesungguhnya, lebih jauh lagi diharapkan agar kelak para calon tenaga kerja tersebut dapat mengaplikasikan prilaku kerja yang baik setelah mereka menjadi pegawai yang sesungguhnya.
Pada dasarnya pendidikan bertujuan untuk membantu perkembangan setiap individu. Demikian pula halnya Prakerin, tujuan utamanya adalah membiasakan siswa kepada tugas profesional sehingga konsep diri mereka dapat berkembang sebagai pegawai yang mampu bekerja.Prakerin juga dipandang sebagai usaha untuk melatih calon pegawai agar mempunyai empati, mampu menerima diri sendiri serta mengurangi rasa cemas dan keraguan terhadap kemampuan bekerja mereka.
Dalam prakteknya banyak kendala yang dihadapi siswa prakerin ini salah satunya adalah kendala dari dalam diri siswa itu sendiri yaitu kurangnya kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai situasi lingkungan kerja di perusahaan. Kurangnya kepercayaan diri ini dapat mengakibatkan menurunnya konsep diri, sehingga apapun tugas yang diberikan oleh pembimbing dilaksanakan dengan penuh keraguan dan ketidakpercayaan pada diri sendiri.
Harap diingat bahwa Prakerin sangat mempengaruhi konsep diri siswa sebagai calon tenaga kerja sebaliknya konsep diri siswa sebagai calon tenaga kerja sangat mempengaruhi keberhasilan praktek kerja industri. jadi sebelum siswa melaksanakan praktek kerja industri selayaknya dipersiapkan terlebih dahulu baik mental maupun skillnya sehingga pada saat prakerin minimal mereka memiliki konsep diri yang positif (optimis, tidak ragu, tidak cemas). Begitupun sebaliknya selesai melaksanakan prakerin dapat dipastikan para siswa tersebut memiliki konsep diri yang tangguh sanggup menghadapi berbagai kendala yang sering ditemui di dunia usaha dan industri.
Penghargaan terhadap hasil kerja yang baik, tanggung jawab yang tinggi menyebabkan siswa merasa dihargai keberadaannya, secara otomatis akan memicu konsep diri siswa menjadi meningkat. Aamiin.
setelah membaca artikel-artikel yg ada di blog ini saya merasa tercerahkan!