MEDIA KOMUNIKASI



Pengertian media komunikasi
         Media komunikasi adalah sarana atau alat yang digunakan untuk mempermudah proses penyampian warta/pesan/informasi dari komunikator kepada komunikan untuk mecapai tujuan tertentu.
Fungsi media komunikasi
Fungsi media komunikasi adalah sebagai berikut :
a -  Menumbuhkan motivasi bagi para komunikan
b Menumbuhkan daya tarik pesan atau informasi yang akan disampaikan
c  Mengefektifkan proses penyampaian pesan atau informasi
d  Mempercepat waktu yang diperlukan untuk menyampaiakan informasi
e -  Menjelaskan isi dan maksud pesan atau informasi yang akan disampaikan
f.  -    Membuat isi pesan atau informasi lebih nyata
g -  Sebagai media hiburan dan pendidikan bagi komunikan
Jenis – jenis media komunikasi
Jenis – jenis media komunikasi adalah sebagai berikut :
a.       Media visual, yaitu media yang dapat di lihat
Contoh : lukisan, foto, sinar lampu, dan media cetak

Kelebihan :
·         Biaya relatif murah
·         Mudah dibuat dan digunakan
·         Alat dan pemeliharaanya sederhana
·         Dapat memperjelas suatu masalah
·         Dapat mewujudkan ide abstrak ke bentuk konkret
·         Dapat menimbulkan imajinasi dan inspirasi
Kekurangan :
·         Hanya untuk indra penglihatan
·         Tidak bergerak
·         Keterkaitan pada ukuran
·         Menimbulkan rasa bosan
·         Memiliki keterbatasan pemirsa
·         Dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda – beda

b.      Media audio, yaitu media yang dapat di dengar
Contoh : radio, tape recorder, dan telepon
Kelebihan :
·         murah dan mudah pengadaannya, jangkauan luas, dan dapat mengembangkan daya imajinasi
·         progamnya sudah dibuat, alat perekamnya mudah digunakan dan didapatkan, dapat dipakai berulang – ulang, mudah diperbanyak, dan dapat digunakan sewaktu – waktu
·         bentuk sederhana, mudah digunakan, dan dapat menyampaikan pesan secara langsung
Kekurangan :
·         Penyajian terikat pada jadwal, dan kecepatan penyajian sulit di kontrol
·         Kecepatan informasi tidak dapat dirubah dan tidak menggambarkan unsur – unsur
·         Biaya pemasangan relatif mahal, dan sering timbul gangguan – gangguan

c.       Media audio visual, yaitu media yang dapat dilihat dan di dengarkan
Contoh : televisi, DVD, dan film
Kelebihan :
·         Infarmasi dapt disampaikan sesuai dengan kenyataan
·         Dapat dimengerti keadaan/hasil yang sebenarnya
·         Tidak membosankan
Kekurangan :
·         Biaya relatif mahal
·         Kadang – kadang kejelasan suara kurang dipahami
·         Memerlukan tempat yang tidak sedikit.

       TUGAS MANDIRI 
       1. Kapan komunikasi dinyatakan efektif ?
       2. Mengapa media komunikasi berupa surat menyurat masih dipertahankan ? 
        







0 Responses

Posting Komentar