KOMUNIKASI
19.56
Beberapa
definisi komunikasi :
1.Komunikasi
adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perludipahami bersama oleh pihak yang terlibat
dalam kegiatan komunikasi (Astrid).
2.Komunikasi
adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).
3.Komunikasi
adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang
lain(Davis,
1981).
4.Komunikasi
adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)5.Komunikasi
adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain,komunikasi merupakan proses sosial
TUJUAN KOMUNIKASI
1.
Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2. Mempengaruhi
perilaku seseorang
3.
Mengungkapkan perasaan
4.
Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
5.
Berhubungan dengan orang lain
6.
Menyelesaian sebuah masalah
7.
Mencapai sebuah tujuan
8.
Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik
9.
Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain
\
PROSES KOMUNIKASI
1.Pengirim pesan (sender)
Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai
ide untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang
yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.Pesan adalah informasi
yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat
verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan
jelas. Materi pesan dapat berupa :
a Informasi
b Ajakan
c Rencana kerja
d Pertanyaan
2. Simbol/
isyarat
Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode
atau simbol sehingga pesannya dapat dipahami oleh orang lain. Biasanya seorang
manajer menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata,gerakan
anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan
penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap,
perilaku atau menunjukkan arah tertentu.
3.Media/penghubung
Adalah alat untuk
penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar, papan pengumuman,telepon dan
lainnya. Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang
akandisampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb.
4.Mengartikan kode/isyarat
Setelah pesan diterima melalui indera
(telinga, mata dan seterusnya) maka si penerima pesan harus dapat
mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat dimengerti/dipahaminya.
5.Penerima pesan
Penerima
pesan adalah orang yang dapat memahami pesan dari sipengirim meskipun dalam bentuk code/isyarat tanpa mengurangi
arti pesan yang dimaksud oleh pengirim
6.Balikan (feedback)
Balikan
adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam
bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang
pengirim pesan tidak akan tahu dampak pesannya
terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan
untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar
dan tepat. Balikandapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang
bukan penerima pesan. Balikanyang disampaikan oleh penerima pesan pada
umumnya merupakan balikan langsung yangmengandung pemahaman
atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akandilaksanakan atau tidak Balikan yang diberikan oleh orang lain didapat
dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan penerima
pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai
reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk
memberikaninformasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu
untuk menumbuhkankepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga
balikan dapat memperjelas persepsi.
7.Gangguan
Gangguan bukan merupakan
bagian dari proses komunikasi akan tetapi mempunyai pengaruh komunikasi, karena pada
setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu. Gangguan adalah hal yang merintangi atau
menghambat komunikasi.
TUGAS MANDIRI
1. Sebutkan macam2 gangguan dalam komunikasi ?
2. Jelaskan perbedaan komunikasi verbal dan non verbal ?
TUGAS MANDIRI
1. Sebutkan macam2 gangguan dalam komunikasi ?
2. Jelaskan perbedaan komunikasi verbal dan non verbal ?
Posting Komentar