KOMUNIKASI


KOMUNIKASI


Beberapa definisi komunikasi :

1.Komunikasi adalah kegiatan pengoperan lambang yang mengandung arti/makna yang perludipahami bersama oleh pihak yang terlibat dalam kegiatan komunikasi (Astrid).

2.Komunikasi adalah kegiatan perilaku atau kegiatan penyampaian pesan atau  informasi tentang pikiran atau perasaan (Roben.J.G).

3.Komunikasi adalah sebagai pemindahan informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain(Davis, 1981).

4.Komunikasi adalah berusaha untuk mengadakan persamaan dengan orang lain (Schram,W)5.Komunikasi adalah penyampaian dan memahami pesan dari satu orang kepada orang lain,komunikasi merupakan proses sosial

TUJUAN KOMUNIKASI

1. Mempelajari atau mengajarkan sesuatu
2. Mempengaruhi perilaku seseorang
3. Mengungkapkan perasaan
4. Menjelaskan perilaku sendiri atau perilaku orang lain
5. Berhubungan dengan orang lain
6. Menyelesaian sebuah masalah
7. Mencapai sebuah tujuan
8. Menurunkan ketegangan dan menyelesaian konflik 
9. Menstimulasi minat pada diri sendiri atau orng lain
\
PROSES KOMUNIKASI

1.Pengirim pesan (sender)

Pengirim pesan adalah orang yang mempunyai ide untuk disampaikan kepada seseorang dengan harapan dapat dipahami oleh orang yang menerima pesan sesuai dengan yang dimaksudkannya.Pesan adalah informasi yang akan disampaikan atau diekspresikan oleh pengirim pesan. Pesan dapat verbal atau non verbal dan pesan akan efektif bila diorganisir secara baik dan jelas. Materi pesan dapat berupa :

a      Informasi 
b     Ajakan
c      Rencana kerja
d     Pertanyaan  
  
2.  Simbol/ isyarat 
Pada tahap ini pengirim pesan membuat kode atau simbol sehingga pesannya dapat dipahami oleh orang lain. Biasanya seorang manajer menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata,gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan penyampaian pesan adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku atau menunjukkan arah tertentu.

3.Media/penghubung 

Adalah alat untuk penyampaian pesan seperti ; TV, radio surat kabar, papan pengumuman,telepon dan lainnya. Pemilihan media ini dapat dipengaruhi oleh isi pesan yang akandisampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dsb.

4.Mengartikan kode/isyarat 

Setelah pesan diterima melalui indera (telinga, mata dan seterusnya) maka si penerima pesan harus dapat mengartikan simbul/kode dari pesan tersebut, sehingga dapat dimengerti/dipahaminya.

5.Penerima pesan

Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan dari sipengirim meskipun dalam bentuk code/isyarat tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksud oleh pengirim

6.Balikan (feedback)

Balikan adalah isyarat atau tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. Tanpa balikan seorang pengirim pesan tidak akan tahu dampak  pesannya terhadap sipenerima pesan Hal ini penting bagi manajer atau pengirim pesan untuk mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat. Balikandapat disampaikan oleh penerima pesan atau orang lain yang bukan penerima pesan. Balikanyang disampaikan oleh penerima pesan pada umumnya merupakan balikan langsung yangmengandung pemahaman atas pesan tersebut dan sekaligus merupakan apakah pesan itu akandilaksanakan atau tidak Balikan yang diberikan oleh orang lain didapat dari pengamatan pemberi balikan terhadap perilaku maupun ucapan penerima pesan. Pemberi balikan menggambarkan perilaku penerima pesan sebagai reaksi dari pesan yang diterimanya. Balikan bermanfaat untuk memberikaninformasi, saran yang dapat menjadi bahan pertimbangan dan membantu untuk menumbuhkankepercayaan serta keterbukaan diantara komunikan, juga balikan dapat memperjelas persepsi.

 
77.Gangguan
    Gangguan bukan merupakan bagian dari proses komunikasi akan tetapi mempunyai pengaruhdalam prose komunikasi, karena pada setiap situasi hampir selalu ada hal yang mengganggu. kita. Gangguan adalah hal yang merintangi atau menghambat komunikasi.
TUGAS MANDIRI
1. Sebutkan macam2 gangguan dalam komunikasi ?
2. Jelaskan perbedaan komunikasi  verbal dan non verbal ?
0 Responses

Posting Komentar