skl

UJIAN NASIONAL
TAHUN PELAJARAN 2010/2011

KISI-KISI SOAL TEORI KEJURUAN

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Admintrasi Perkantoran
Kode : 6045
Alokasi Waktu : 120 menit

No. Standar Kompetensi Lulusan Indikator
1 Memahami proses komunikasi Menjelaskan unsur-unsur komunikasi
Menentukan macam-macam cara berkomunikasi
2 Memahami media komunikasi Mengidentifikasi jenis-jenis media komunikasi
3 Melakukan komunikasi melalui telepon Menjelaskan tata cara menerima dan melakukan komunikasi melalui telepon
Menjelaskan pesan telepon jika pimpinan tidak ada ditempat
4 Melakukan kerjasama dengan kolega dan pelanggan Mendeskripsikan pengertian bekerjasama dengan kolega dan pelanggan
5 Menyediakan bantuan kepada pelanggan di dalam dan di luar organisasi Menjelaskan cara memberikan bantuan kepada pelanggan di dalam dan di luar organisasi
6 Memelihara standar penampilan pribadi Mendeskripsikan cara menampilkan diri dengan baik dan sopan
Mendeskripsikan etika di tempat kerja
7 Menerapkan bekerja dalam tim Menjelaskan penerapan bekerja dalam tim
8 Menguasai aplikasi perangkat lunak Menentukan aplikasi perangkat lunak yang biasa digunakan untuk memproduksi dokumen
Menentukan aplikasi perangkat lunak yang digunakan dalam kegiatan presentasi
9 Memproses surat/dokumen Mendeskripsikan proses penanganan surat masuk/keluar dalam perusahaan
Mendespripsikan proses penanganan surat yang diterima pada hari yang berbeda
10 Mendistribusikan dokumen Menjelaskan proses pendistribusian dokumen/surat
Mengidentifikasi peralatan yang digunakan untuk pendistribusian dokumen
11 Memahami jenis penggandaan dokumen yang sesuai Menentukan peralatan penggandaan yang sesuai

12 Melakukan penggandaan dokumen Menjelaskan proses penggandaan dokumen

13 Memahami dokumen-dokumen kantor Mengidentifikasi jenis-jenis dokumen kantor
Menentukan bentuk-bentuk surat yang biasa digunakan dalam perusahaan
14 Melakukan surat-menyurat Menjelaskan penggunaan bahasa dalam pembuatan surat
15 Menata dokumen Mendeskripsikan cara menata dokumen
16 Menentukan sistem kearsipan Mengidentifikasi sistem kearsipan yang digunakan pada sebuah perusahaan
17 Mengimplementasikan sistem kearsipan Menentukan implementasi sistem kearsipan pada perusahaan
18
Menentukan kebutuhan alat dan bahan kearsipan Mengidentifikasi kebutuhan alat dan bahan kearsipan

19 Memelihara sistem kearsipan Menjelaskan pemeliharaan sistem kearsipan
Menjelaskan kegiatan penyusutan arsip
20 Memelihara peralatan kantor Menjelaskan pemeliharaan terhadap peralatan kantor yang digunakan
21 Mempersiapkan pertemuan/rapat Mendeskripsikan persiapan administrasi yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan pertemuan/rapat
Menentukan tata ruang pertemuan/rapat
22 Menyelenggarakan pertemuan/rapat Menentukan peralatan yang digunakan dalam penyelenggaraan pertemuan/rapat
Menjelaskan jenis-jenis rapat
23
Membuat catatan hasil pertemuan/rapat Menentukan catatan hasil pertemuan/rapat
24 Memahami perjalanan bisnis Menjelaskan tujuan perjalanan bisnis
25 Melaksanakan penanganan perjalanan bisnis Mengidentifikasi persiapan admministrasi yang dibutuhkan untuk perjalanan bisnis
26 Mempersiapkan administrasi kas kecil Mengidentifikasi sistem yang digunakan dalam administrasi kas kecil
27 Memahami kegiatan Pimpinan Menjelaskan penyusunan kegiatan harian pimpinan
28 Menerapkan prosedur keamanan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) Mendeskripsikan prosedur K3 di tempat kerja
0 Responses

Posting Komentar